Tuesday 1 August 2017

Film Animasi? Memiliki Manfaat yang Baik Bagi Anak

Film animasi merupakan salah satu media pengajaran yang dapat digunakan untuk membantu dalam meningkatkan kosakata anak. Film animasi merupakan media yang menyajikan pesan audiovisual dan gerak. Oleh karenanya, film memberikan kesan yang impresif bagi penontonnya. Media film ini pada umumnya disenangi oleh anak-anak karena karakter gambar animasi yang menarik. Hamalik (Arsyad. A : 2003 : 15) mengemukakan bahwa kelebihan penggunaan film animasi dalam proses pembelajaran dapat melengkapi pengalaman-pengalaman dasar dari anak ketika bercakap-cakap,tanya jawab dan Iain-lain, menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang-ulang bila dipandang perlu. Serta mendorong dan meningkatkan motivasi anak dalam menanamkan sikap dan segi-segi afektif lainnya.
Gambar-gambar dan suara yang muncul pada film yang menampilkan tayangan cerita dalam bentuk animasi kartun juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi serta anak-anak didorong untuk mengenal dan mengetahui manfaat teknologi, sekaligus merangsang minat mereka untuk belajar dan antusias terhadap cerita yang ditayangkan pada film animasi khususnya pada proses pembelajaran yang menunjang pada peningkatan kosakata anak.
Berikut ada beberapa manfaat yang didapatkan dan bersifat positif bagi anak jika menonton film animasi, di baca baik-baik ya ,
    1. Mengingkatkan Kosakata Anak

Peningkatan kosakata anak dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti melalui membaca, mendengarkan, dan menonton. Peningkatan kosakata anak biasanya lebih banyak dilakukan di dunia pendidikan, terutama di lembaga Pra sekolah seperti lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), mengingat kosakata anak yang tergolong masih sangat terbatas. Biasanya sih upaya peningkatan kosakata anak di lembaga PAUD dilakukan dengan menciptakan situasi yang memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan kemampuan bahasanya. Kesempatan ini dilakukan melalui kegiatan bercakap-cakap, bercerita, dan tanya jawab. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan media pengajaran bahasa anak khususnya dalam peningkatan kosakata anak, misalnya guru PAUD menyediakan media pengajaran, seperti boneka, mobil-mobilan, buku cerita, kartu bergambar, foto, dan papan planel. Dari sekian banyak media pengajaran yang dapat digunakan dalam peningkatan kosakata anak, film kartun merupakan salah satu media pengajaran yang cukup efektif untuk membantu dalam meningkatkan kosakata anak. Film Animasi merupakan media yang menyajikan pesan audiovisual dan gerak. Oleh karenanya, film memberikan kesan yang impresif bagi penontonnya, termasuk anak-anak. Media film ini pada umumnya disenangi oleh anak-anak karena karakter gambar animasi yang menarik. 
    2. Meningkatkan Daya Tangkap Anak

Film anak-anak seperti film animasi kartun kebanyakan ditujukan untuk pendidikan anak. Banyak film animasi yang dimaksudkan agar anak-anak dapat mudah memahami jalan cerita serta nilai-nilai positif yang ada di dalamnya. Dengan memahami jalan cerita kartun, dapat melatih daya tangkap anak terhadap suatu peristiwa yang terjadi atau yang sedang berlangsung. Kemudian, bukan hanya gambar visualnya saja yang dapat meningkatkan daya tangkap anak, soundtrack suatu film kartun juga bisa berpengaruh pada perkembangan anak, karena seperti yang kita tahu bahwa musik dapat mempengaruhi perkembangan otak.



3. Menanamkan Nilai Moral


Semua jenis film yang di produksi, termasuk juga film animasi kartun pastilah memiliki nilai-nilai moral yang ditanamkan dalam setiap kisahnya. Entah itu nilai-nilai yang baik ataupun yang kurang baik, semua kembali kepada kita bagaimana menanggapinya. Untuk itu nih gan, diharapkan kepada  semua orang tua, agar selalu mendampingi anak-anaknya jika sedang menonton. Kemudian bisa sekalian diberikan arahan kepada anak-anak tentang nilai-nilai yang baik dan yang tidak baik di dalam setiap film yang ditonton, yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan, agar anak-anak dapat mengambil nilai positifnya dengan benar.


     4. Meningkatkan Kretifitas Anak


Kegemaran menonton film animasi kartun dapat meningkatkan daya imajinatif anak-anak. Saat anak-anak mengidolakan salah satu atau mungkin beberapa tokoh kartun, mereka cenderung akan sering menggambar tokoh-tokoh kartun yang mereka sukai tersebut. Tentu hal ini memerlukan imajinasi, dan ini dapat meningkatkan daya kreatifitas anak. Selain itu, warna-warna yang ada di setiap film kartun juga dapat memicu perkembangan otak anak. Seperti yang kita ketahui, bahwa warna mempengaruhi perkembangan otak kanan, apalagi masa kanak-kanak adalah saat yang tepat untuk belajar.

5. Sarana Hiburan bagi Anak-anak


Jelas sekali bahwa menonton kartun merupakan salah satu sarana hiburan yang dapat meghilangkan kejenuhan setelah seharian beraktivitas, terutama bagi-anak yang memang tergolong mudah bosan terhadap sesuatu  hal. Mungkin menonton film kartun bisa menjadi alternatif bagi para orang tua untuk menghindari kejenuhan anak-anak dalam beraktifitas, karena menonton kartun umumnya dapat memberikan hiburan yang cukup efektif.

No comments:

Post a Comment