Sunday 23 July 2017

PELUANG KARIR ANIMASI




Gambar 1.1 Animasi 

Animator merupakan pekerja media yang bekerja menggunakan komputer dengan software-software seperti After Effects, Premiere, Flipbook, Flash and Dreamweaver, Autodesk Maya, Anime Studio, Apple Shake, dan Pixar RenderMan. Selain pintar dalam menggunakan software tersebut, animator juga harus mempunyai kemampuan menggambar yang bagus. Dan anda tidak cuma bisa jadi designer, tetapi anda juga bisa menekuni profesi lain di karier animasi lainnya. profesi di bidang animasi lainnya juga ada, diantaranya:


 §  Digital sel animator
§  2D dan 3D animator
§  2D dan 3D modeler
§  Art director
§  Technical director
§  Character desainer
§  Compositor
§  Mixed media
§  AnimatorStop motion animator
§  Storyboard and concept artist
§  Layout and background artist
§  Demo artist
§  Visual effect artist
§  Animation producer
§  Editor post production,
§  dll



Gambar 1.2 Animasi 

Tetapi Sebetulnya, masih ada sebagian keahlian/profesi lain yang dapat ditemui selain keahlian diatas. Berikut adalah 3 pekerjaan animasi 3D:

1. Karir 3D Animasi Di Film
Para designer 3D di bagian film membuat animasi segala view makhluk dan model foto-realistic. Perlu adanya ilmu mengenai pencahayaan, storyboard, akting, gerakan manusia dan hewan, sinematografi, anatomi dan skenario. Perihal yang paling penting dan mungkin menjadi skill utama akan berkaitan dengan storyboard dimana merupakan skill buat mendeteksi kamera lewat tembakan yang mengizinkan model 3D agar masuk dalam gerakan dan posisi yang benar.


2. Karir 3D Animasi Di Gaming

Pilihan karir animasi ini disukai oleh banyak designer 3D di produksi permainan dan komputer. Sebagian besar game modern sudah dibuat dengan skill 3D. Makin baik dan kreatif animasi 3D akan menjadikan game semakin disukai para pecinta games. Dalam industri ini jua memerlukan skill yang wajib ada pada film, semacam pencahayaan dan penempatan posisi atau gerakan yang tepat pada hewan atau manusia. Kreativitas naskah dan desain karakter jua diperlukan disini.

3. Karir 3D Animasi dibidang Lainnya

karir animasi tak cuma berkisar pada film dan games. Ada sebagian posisi lainnya yang bisa diduduki, yaitu desain grafis, desain web, dan periklanan. Sebagian besar pekerjaan ini dilaksanakan secara freelance. Perihal terpenting terletak pada kreatifitas dan ilustrasi 
Animator. Perihal ini dijelaskan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja di AS. Namun, berbeda posisi dan perseroan akan memengaruhi pendapatan seorang animator. Dan jabatan ini merasakan perkembangan sekitar 12% karena perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Sebagian pekerjaan di atas dapat anda jadikan sebagai pilihan untuk menggeluti karir animasi ini. Pada sebuah project video editing bumper yang hanya berdurasi 30 detik, desainer dapat dibayar sebanyak 5 juta hingga 10 juta rupiah. Sedangkan seorang desainer dapat mendapatkan sebagian project dalam sebulan Apalagi sekarang Animator lokal menjadi trend setter negara Jepang dan Hollywood.
Namun, untuk menapaki level sebagai karier animasi yang terkenal tidak mudah. Diperlukan tekad yang kuat untuk terjun dalam bidang ini. anda juga harus mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang cukup terutama dalam perihal menggambar. Terkadang, anda membutuhkan pendidikan formal untuk mempermudah jalanmu menuju kesuksesan. Meskipun secara belajar sendiri pun anda bisa mempelajarinya.

Demikian peluang karir animasi. Kalau kita melihat pendapatannya, maka kita akan tertarik untuk menekuni profesi ini. Dibutuhkan niat dan kreativitas yang lebih untuk menjadi seorang desainer.

No comments:

Post a Comment